Pembibitan Tanaman Kopi Robusta dengan Cara Vegetatif Stek

Jual Bibit Kopi Robusta,Harga Bibit Kopi Robusta, Bibit Kopi Robusta Unggul, Bibit Kopi Arabika terbaik, Jual Bibit Kopi,Jual Bibit Kopi Arabika

Pembibitan Tanaman Kopi Robusta dengan Cara Vegetatif Stek

Pembibitan Tanaman Kopi Robusta

pembibitan kopi robusta


Pembibitan Kopi Robusta - Pembibitan tanaman kopi secara garis besarnya ada 2 metode yaitu secara generatif dan vegetatif. Generatif adalah cara pembibitan yang paling tradisional yaitu dengan cara menaman dari biji kopi. Sedangkan Vegetatif masih bisa di bagi menjadi beberapa cara yaitu dengan teknik sambung (okulasi), stek dan cangkok.

Masih sulitnya mendapatkan kualitas bibit kopi unggul yang benar-benar unggul dengan teknik generatif lebih disebabkan karena rendahnya kualitas biji kopi yang di tanam berkualitas rendah, sehingga diperlukan cara baru untuk menghasilkan bibit tanaman kopi yang baik salah satunya dengan cara vegetatif.


Salah satu keuntungan pembiakan secara vegetatif adalah tidak perlu menunggu terlalu lama menunggu pertumbuhan biji kopi. Sehingga lebih mempercepat proses penanaman.

Selain itu teknik ini lebih mudah dilakukan dan yang tidak kalah penting lagi adalah sifat dari bibit tanaman kopi yang di hasilkan akan sama persis dengan pohon induknya, lebih cepat berbuah dengan hasil buah yang seragam bila dilakukan dengan cara cangkok atau stek.

Pembibitan Tanaman Kopi Robusta, Pembibitan Kopi Robusta

Pembibitan Kopi Robusta

Akan tetapi dua cara tersebut juga memiliki kelemahan, kelemahan paling utama adalah tidak adanya akar tunjang yang mampu menopong tanaman kopi. Sehingga tidak jarang banyak yang roboh. Namun hal ini sudah bukan menjadi masalah lagi karena bisa di lakukan dengan teknik sambung. 

Nah sekarang bagaimana cara membiakkan bibit kopi dengan cara Stek pada batang pohon kopi...

- Persiapan Alat
Alat alat yang digunakan antara lain Pisau, Gunting, media tanam dan juga perangsang pertumbuhan akar (hormon). Perangsang akar sangat mudah didapatkan di toko toko pertanian atau bisa menggunakan air seni sapi sebagai perangsang akar alami.

- Pemilihan Induk Bibit Kopi
Jenis tanaman kopi robusta sebaiknya menggunakan penyerbukan silang untuk pembuahan. Jadi akan lebih baik jika dalam proses penanaman dalam satu area perkebunan menggunakan cara Poliklonal yakni cara tanam kopi dengan berbagai jenis klon dalam satu area tanam. Biasanya terdiri dari 2-4 klon kopi.

- Waktu Penyetekan
Waktu yang tepat untuk penyetekan adalah pada masa penghujung musim hujan. Sebaiknya pilih dahan pohon yang baru berumur 3-6 bulan, jadi tidak terlalu tua namun warna batang sudah coklat. Potong dahan secara miring untuk memberikan permukaan lebih luas dan meruncing. Potong pada ruas ke 2 hingga 4 dari pucuk daun. 

Pembibitan Tanaman Kopi Robusta

Pembibitan Tanaman Kopi Robusta Cara Stek

Kemudian untuk mengurangi pengupan gunting atau potong helai daun sisa kan setengahnya saja. Setelah itu celupkan pangkal batang hasil stek tadi ke cairan perangsang akar. Celupkan selama 10-15 detik sebelum kemudian siap di tanam.

- Penanaman
Cara penanaman bibit kopi robusta unggul hasil stek bisa di lakukan langsung di media tanah atau bisa juga di dalam polybag disesuaikan dengan kebutuhan dan lahan penanaman bibit kopi. Masukkan batang hasil stek kira kira 4-7 cm ke dalam media tanam.

Jika ditanam langsung di media tanah maka jarak tanam yang ideal adalah 15X15 cm. Lakukan penyiram bedengan tersebut secara teratur sebanyak 1 sampai 2 kali dalam sehari. Lakukan secara hati hati agar tidak merusak bibit tanaman kopi robusta.

Pembibitan Tanaman Kopi Robusta dengan Cara Vegetatif 

Akar tanaman biasanya udah terlihat baik di umur 3 bulan setelah tanam. Dan pada bulan ke 4 tanaman bibit kopi robusta sudah siap di pindah ke polybag. 

Demikian cara pembibitan kopi robusta dengan cara vegetatif stek mudah mudahan bisa bermanfaat....

Bibit Kopi Robusta, Bibit Kopi Robusta Unggul, Harga bibit Kopi Robusta

Labels: Bibit Kopi Arabika, Kopi Robusta, Pembibitan Kopi Robusta

Thanks for reading Pembibitan Tanaman Kopi Robusta dengan Cara Vegetatif Stek. Please share...!

Back To Top