Cara Merawat Tanaman Kopi Robusta dan Arabika yang Baik

Jual Bibit Kopi Robusta,Harga Bibit Kopi Robusta, Bibit Kopi Robusta Unggul, Bibit Kopi Arabika terbaik, Jual Bibit Kopi,Jual Bibit Kopi Arabika

Cara Merawat Tanaman Kopi Robusta dan Arabika yang Baik

Cara Merawat Tanaman Kopi Robusta dan Arabika yang Baik

Cara Merawat Tanaman Kopi Robusta dan Arabika yang Baik

Cara Merawat Tanaman Kopi - Sebagai salah satu produk yang mempunyai penggemar yang besar  dan fanatik tentu saja mereka tidak mau sembarangan dalam nentukan pilihannya. Cara merawat kopi robusta dan cara merawat tanaman kopi robusta atau pun jenis kopi yang lain akan sangat menentukan kualitas hasil biji buah kopi. Dengan teknik dan cara perawatan bibit tanaman kopi yang bagus selain dapat menjaga kualitas hasil panen juga bisa mempertahankan harga jual kopi itu sendiri.

Cara menanam dan merawat tanaman kopi agar dapat hasil yang baik harus di mulai sejak awal, mulai dari pemilihan bibit kopi Unggul dan juga mengenal lahan atau daerah yang akan dijadikan lahan tanam. Karena tiap jenis kopi mempunyai area masing-masing untuk dapat tumbuh kembang secara maksimal.

Untuk menghasilkan kopi yang nikmat dan lezat melalui cara perawatan tanaman kopi yang baik tentu harusdi muali dengan menggunakan bibit kopi yang unggul. Pemilihan bibit yang baik juga harus berasal dari induk yang sehat pula tidak ada cacat atau penyakit pada tanaman induk. Terutama jika anda melakukan proses pembibitan bibit kopi sendiri.


cara merawat tanaman kopi yg baik


Tata cara merawat tanaman kopi yang baik

Berikut adalah teknik perawatan budidaya tanaman kopi yang bagus yang bisa diterapka di ebun kopi anda:

1. Pemilihan bibit
Pastikan bawah bibit yang digunakan adalah bibit kopi unggu, cara termudah untuk mengetahuinya adalah dengan cara melihat tanaman induk. Jika induk bibit bisa memiliki ciri ciri bibit unggul, maka layak untuk ditanam. Anda juga bisa baca artikel sebelumnya tentang cara pemilihan bibit kopi unggul silahkan kunjungi disini.

2. Cara perawatan tanaman kopi selanjutnya adalah Penyiraman.
Penyiram tanaman harus dilakukan secara teratur dari awal mulai bibit kopi ditanam, terutama pada usia tanaman baru 3-6 bulan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kandungan air dalam tanah agar bisa mencukupi untuk berkembang tumbuh tanaman. 
Lakukan secara rutin dan teratur apalagi pada saat musim kemarau, intensitas penyiraman padat di kurangi setelah usia tanam cukup besar.

3. Pemupukan
Kapan pemupukan waktu terbaik pupuk harus dilakukan. Proses pemupukan dilakukan 3-6 bulan sebelum bibit tanaman kopi mulai di tanam. Proses pemupukan selanjutnya bisa dilakukan dalam 6 bulan sekali. Sebaiknya menggunakan pupuk jenis alami seperti pupuk kandang atau organik. Waktu terbaik untuk proses pemberian pupuk pada saat musim hujan, karena kandungan unsur hara akan cenderung meningkat sehingga proses penyeraran lebih baik.


cara merawat tanaman kopi

4. Penyiangan
Penyiangan bertujuan untuk membuang tanaman parasit ada disekitar tanaman kopi baik yang menempel di tanaman atau yang berada disekitar bibit kopi tumbuh. Lakukan pembersihan rumput secara berkala bisa dilihat dari banyak tidaknya tanaman atau rumput yang tumbuh disekitar pohon kopi.

5. Pembersihan Haman dan Penyakit
Setelah 2 tahun bibit kopi di tanam adalah waktu yang paling rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Hama penyakit yang sering muncul seperti ulat, serangga dan beberapa jenis parasit lainnya. Cara terbaik untuk tetap bisa menjaga kualitas dari pohon kopi dan hasil panen sebaiknya dilakukan penanggulangan secara alamiah.

6. Pemangkasan 
Pemangkasan disini adalah pemangkasan pada tanaman atau pohon pelindung. Agar bisa menjaga masuknya sinar matahari ke tanamn kopi. Karena tanaman kopi memerlukan sinar matahari yang cukup untuk dapat tumbuh dengan baik.

Cara merawat tanaman kopi agar berbuah lebat

Semua poin di atas adalah cara merawat tanaman pohon kopi agar berbuah lebat, tentu saja jika dilakukan secara rutin dan teratur dengan cara perawatan pohon kopi yang baik.


Labels: Cara Merawat Tanaman Kopi, Kopi Arabika, Kopi Robusta

Thanks for reading Cara Merawat Tanaman Kopi Robusta dan Arabika yang Baik. Please share...!

Back To Top