Kopi Robusta Sifat dan Jenisnya

Jual Bibit Kopi Robusta,Harga Bibit Kopi Robusta, Bibit Kopi Robusta Unggul, Bibit Kopi Arabika terbaik, Jual Bibit Kopi,Jual Bibit Kopi Arabika

Kopi Robusta Sifat dan Jenisnya

Kopi Robusta Sifat dan Jenisnya


Bibit Kopi Robusta


Mengenal Sifat dan Jenis Kopi Robusta - Kopi robusta merupakan keturunan dari spesies kopi cenephoora. Robusta sendiri berasal dari kata rebus artinya kuat hal ini sesuai dengan struktur body yang kuat atau tingkat kekentalan yang kuat. Robusta biasanya tumbuh di dataran rendah, tapi daerah yang ideal untuk dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan ketinggian 400-800 mdpl. Curah hujan 2000-3000 mm per tahun dengan suhu optimal pertumbuhan di antara 24-30 derajal celsius .

Daerah tropis yang cenderung basah sangat cocok untuk kopi robusta. Jika dibudidayakan secara intensif baik dan benar bibit kopi robusta akan mulai berbuah pada umur 2,5 tahun. Kopi robusta sendiri juga membutuhkan waktu kering antara 3-4 4 bulan dalam satu tahun sesekali turun hujan. Kondisi tanah yang gembur dan kaya bahan organik abang sangat cocok untuk pertumbuhan kopi robusta dengan tingkat keasaman yang ideal untuk tanaman kopi ini 5,5-6,5 pH. Untuk menjaga intensitas sinar matahari Maka Tanaman ini butuh pohon pelindung seperti pohon sengon dan lamtoro. 

Bibit Kopi Robusta

Pertumbuhan cabang produksi pada kopi robusta cenderung tegak lurus. Cabang primer atau utama cukup lentur sehingga akan membentuk tajuk selayaknya payung. Buah kopi yang dihasilkan pada cabang primer yang tumbuh mendatar. 

Pertumbuhan daun pada kopi robusta dapat tumbuh pada batang cabang dan ranting. Bentuk daun cenderung membulat seperti telur dengan ujung daun meruncing hingga tumpul. Pertumbuhan daun pada batang dan ranting tegak lurus dengan susunan berselang-seling. Cabang mendaftar atau ranting pertumbuhan daun berpasang-pasangan pada bidang sama. 

Pada umur 2 tahun kopi robusta sudah mulai berbunga, bunga akan tumbuh pada ketiak cabang primer. Biasanya terdapat 3-4 kelompok bunga pada setiap ketiak daun. Bunga biasanya mulai tumbuh pada awal musim kemarau. 


Sifat penyerbukan dari robusta adalah Penyerbukan silang untuk mendapatkan hasil maksimal dalam satu area tanah ditanam beberapa macam jenis klon kopi robusta. Buah yang masih muda akan berwarna hijau setelah masak berubah menjadi merah, buah kopi robusta dapat menempel sangat kuat pada tangkainya walaupun sudah makan belum buah siap panen berpisah 10-11 bulan awal pertama munculnya bunga.

Sistem perakaran yang dangkal menjadi salah satu kekurangan dari jenis kopi robusta ini. Oleh sebab itu dibutuhkan tanah yang subur dan kaya akan unsur hara. Tanaman kopi robusta ini menjadi sangat sensitif terhadap kekeringan. Namun nah ini sekarang sudah bisa diatasi dengan proses pembibitan secara sambung. 
Bibit Tanaman Kopi Robusta

Jenis-jenis Klon kopi robusta: 


  • Klon SA436. Jenis ini memiliki tingkat produksi yang sangat tinggi bisa mencapai 1600-2800kg/ha/tahun. Bentuk ukuran biji buah yang tidak seragam dan cenderung lebih kecil .
  • Klon BP308. Ini terhadap serangan kuda buka merupakan jenis bibit kopi robusta tunggu. Login tanah yang tidak begitu subur, biasanya kan ini dijadikan batang bawah dan batang atas disambung dengan jenis lain yang sesuai dengan karakteristik daerah setempat. 
  • Klon BP42. Tingkat produktivitas Klon BP42  berkisar antara 800-1200 kg/ha/tahun. Buah yang dihasilkan cukup besar dengan dompolan-dompolan yang cenderung rapat dengan tingkat percabangan yang cukup banyak dan ruasnya pendek. 
  • Klon BP234. Tingkat produktivitas hampir sama dengan clone BP42 yaitu antara 800-12000kg/ha/tahun. Buah yang dihasilkan lebih kecil dengan ukuran tidak cerah tingkat percabangan yang cukup panjang dan lentur.

Harga pasaran kopi robusta cenderung lebih rendah dari kopi arabika. Penghasil kopi robusta terbesar berada di negara Asia-Pasifik dan Afrika, sedangkan kopi arabika lebih banyak diproduksi di negara-negara Amerika Selatan.
Labels: Bibit kopi Robusta, Bibit Kopi Robusta Unggul, Kopi Robusta

Thanks for reading Kopi Robusta Sifat dan Jenisnya. Please share...!

Back To Top