085736639219 | Persiapan Lahan Dan Penanaman Bibit kopi Arabika

Jual Bibit Kopi Robusta,Harga Bibit Kopi Robusta, Bibit Kopi Robusta Unggul, Bibit Kopi Arabika terbaik, Jual Bibit Kopi,Jual Bibit Kopi Arabika

085736639219 | Persiapan Lahan Dan Penanaman Bibit kopi Arabika

Lahan Dan Penanaman Bibit kopi Arabika


Jual Bibit Kopi, Bibit Kopi Arabika, Lubang Tanam Bibit Kopi Arabika



Pesiapan lahan tanam bibit kopi arabika - Pada dasarnya persiapan lahan tanah untuk jenis kopi arabika dan kopi robusta tidak berbeda jauh. Yang perlu diperhatikan adalah daerah tinggian lahan tanam yang akan digunakan.

Seperti pada artikel sebelumnya tentang Budidaya kopi Robusta dan Arabika sebenarnya udah saya bahas tapi tidak ada salahnya saya ulas sedikit lagi.

Bahwa perbedaan yang paling mencolok ada ketinggian daerah lahan tanam. Jika lahan anda berada di ketinggian antara 750-1500 mdpl maka jenis bibit kopi yang cocok adalah Arabika. Sebailknya jika lahan tanam anda di bawah 800 mdpl maka pilihan terbaik adalah bibit kopi Robusta.

Persiapan Lahan Dan Penanaman Bibit kopi Arabika

Jual Bibit Kopi, Bibit Kopi Arabika, Lubang Tanam Bibit Kopi Arabika


Untuk cara tanam dan perawatan tidak jauh berbeda. Untuk mendukung pertumbuhan bibit kopi arabika lebih baik lagi, maka diperlukan pohon pelindung yang biasanya jauh lebih tinggi dari tanaman kopi itu sendiri .

Ada beberapa pohon atau tanaman pelingdung yang sering digunakan di lahan kopi di antranya Pohon Sengon (Albasia), petai, lamtoro dan lainnya. Selain itu kandungan unsur hara pada tanah juga bisa mempengaruhi perkembangan tanaman kopi. Khusus Kopi jenis Arabika memerlukan unsur hara yang kaya akan bahan organik.

Persiapan Lahan tanam Bibit kopi Arabika dengan pohon pelindung


Jual Bibit Kopi, Bibit Kopi Arabika, Lubang Tanam Bibit Kopi Arabika

Jual Bibit Kopi, Bibit Kopi Arabika, Lubang Tanam Bibit Kopi Arabika


Tingkat keasaman tanah lahan tanam juga harus di perhatikan juga. Untuk menetralkan bisa dilakukan dengan pemberian pupuk organik. PH tanah yang ideal untuk mendukung pertumbuhan kopi arabika adalah PH 4-6.

Selanjutnya persiapan lubang tanam. Lubang tanam akan lebih bagus jika di buat dengan ukuran 1m persegi. Sebelum bibit kopi di tanam perlu di berikan kapur dolumite dan belerang terlebih dahulu. Cukup 250gr untuk masing masing lubang, lakukan 3 bulan sebelum tanam. Setelah itu biarkan lubang tanam terbuka saja.

Baca juga: Cara Menanam Kopi Arabika

Setelah berumur satu bulan lubang tanam maka saatnya pemberian pupuk awal berupa kompos dengan dosis 3kg untuk setiap lubang tanam. Kemudian kita biarkan lagi lubang.

Setelah 1 bulan dari pemberian pupuk kompos bibit kopi arabika sudah siap untuk di tanam. Lakukan pemangkasan pada batang dan duan yang di rasa bibit kopi mempunyai cabang dan daun berlebihan. Cukup sisakan 2-3 batang daun agar sistem perakaran tumbuh lebih cepat.

Cara Pemupukan Tanaman Kopi Arabika - Setelah semua persiapan lubang tanam dan penanaman bibit kopi arabika selesai, tahap selanjutnya adalah pemupukan tanaman.

Secara umum proses pemupukan tanaman kopi dengan cara membuat lubang yang mengitari batang tanaman kopi dengan jarak kurang lebih 50cm dari tanaman kopi. Kemudian pupuk kita tabur atau bisa juga kita kubur di lubang yang sudah anda buat tadi.

Demikian artikel Pesiapan Lahan dan Penanaman Bibit Kopi Arabika mudah mudah bisa memberikan sedikit pencerahan.


Jual Bibit Kopi Robusta Unggul, Jual Bibit Kopi Arabika

Labels: Bibit Kopi Arabika, Cara menaman bibit kopi arabika, Jual Bibit Kopi Arabika, Kopi Arabika, Lahan Tanam Kopi Arabika

Thanks for reading 085736639219 | Persiapan Lahan Dan Penanaman Bibit kopi Arabika. Please share...!

Back To Top