085736639219 | Cara Menanam bibit Kopi Robusta | Bibit kopi

Jual Bibit Kopi Robusta,Harga Bibit Kopi Robusta, Bibit Kopi Robusta Unggul, Bibit Kopi Arabika terbaik, Jual Bibit Kopi,Jual Bibit Kopi Arabika

085736639219 | Cara Menanam bibit Kopi Robusta | Bibit kopi

Cara Menanam bibit Kopi Robusta

Bibit kopi, Bibit kopi robusta, bibit kopi robusta unggul, cara menanam bibit kopi robusta


Cara Menanam bibit Kopi Robusta – Tanaman kopi robusta bisa di bilang  kopi terbaik saat ini dan mempunyai pengemar juga penikmat yang paling banyak di seluruh dunia. Seperti anda ketahui banyak jenis kopi yang beredar saat ini namun tidak semua jenis kopi bisa memenuhi selera pencintanya dan memberikan kenikmatan.

Jenis kopi robusta ini adalah varietas yang paling mudah untuk di tanam serta di budidayakan baik di lahan perkebukan, pekarangan rumah dan bahkan tidak jarang ada yang menaman bibit kopi robusta ini hanya dalam pot saja.

Budidaya Cara menaman bibit kopi robusta cukup lebih mudah di bandingkan jenis kopi lainnya, tidak membutuhkan bahan-bahan yang merepotkan para petani. Oleh sebab itulah kopi robusta lebih banyak dibudidayakan. Selain itu juga mempunyai jumlah buah yang lebih banyak di saat panen.

Cara Menanam bibit Kopi Robusta di lahan Perkebunan


Bibit kopi, Bibit kopi robusta, bibit kopi robusta unggul, cara menanam bibit kopi robusta

Nah untuk lebih menunjang perkembangan bibit kopi robusta lahan tanam yang akan digunakan juga harus di perhatikan. Hampir sama dengan bibit kopi lainnya Cara Menanam bibit Kopi Robusta juga mempunyai daerah dengan ketinggian tertentu untuk bisa tumbuh dengan baik.

Semakin tepat lahan yang digunakan tentu saja akan memberikan hasil akhir jauh lebih banyak.

Seperti anda ketahui daerah yang ideal untuk penanaman bibit kopi robusta adalah di daerah dengan ketinggian kurang dari 800 mdpl. Dengan PH tanah berkisar antara 4-6 yang bisa disesuaikan dengan cara memberikan pupuk organik sesuai dengan kualitas tanah tanamnya. 

Jauh lebih bagus lagi jika di budidayakan di daerah dataran rendah dengan curah hujan 2500 mm per tahun. Daerah tropis serta lembab juga sangat cocok unutk membudidayakan bibit kopi robusta ini.

Cara Menanam bibit Kopi Robusta yang benar


Bibit kopi, Bibit kopi robusta, bibit kopi robusta unggul, cara menanam bibit kopi robusta

Sama dengan cara penanaman bibit kopi Arabika, lahan tanam untuk bibit kopi jenis robusta juga memerlukan pohon pelindung. Dan sebagai penyeimbang unsur hara tanah aagar bisa memenuhi kebutuhan tanaman kopi maka juga di perllukan tanaman pelindung atau peneduh.


Selian di gunakan untuk melindungi tanaman kopi pohon pelindung/peneduh, selain itu daun dari pohon-pohon tersebut juga memberikan pupuk alami yang bisa menjaga unsur hara di tanah selalu terjaga dengan baik. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan unsur hara bagi tanaman kopi robusta.

Cara Menanam bibit Kopi Robusta Unggul

Pohon pelindung atau peneduh juga mempunyai fungsi lainnya yaitu menjaga suhu udara tanaman kopi agar dapat tumbuh dengan maksimal. Suhu udara yang paling tepat antara 23-35 C. Jenis pohon pelindung yang sering digunakan adalah pohon sengon, lamtoro, petai dll.

Demikian Cara Menanam bibit Kopi Robusta unggul.


Jual Bibit Kopi Robusta Unggul, Jual Bibit Kopi Arabika

Labels: Bibit Kopi, Bibit kopi Robusta, Bibit Kopi Robusta Unggul, Cara menanam bibit kopi robusta, Jual Bibit Kopi Robusta, Kopi Robusta

Thanks for reading 085736639219 | Cara Menanam bibit Kopi Robusta | Bibit kopi. Please share...!

Back To Top